Peran Pendidikan dalam Sejarah Indonesia

Team info
DescriptionPendidikan merupakan sesuatu yang fundamental untuk keberlangsungan manusia satwa peradabannya. Dalam perjalanannya, sejarah pendidikan tatkala Indonesia bisa dilihat perjuangannya oleh kaum tokoh yang terselip sejak dahulu. Karena Indonesia merupakan tempat jajahan oleh famili lain sejak golongan Eropa mulai menjajap dunia menuju wilayah-wilayah baru untuk diduduki. Mulai dari masa ini, penduduk asli nusantara mengalami diskriminasi daripada berbagai aspek kehidupan terutama dalam taktik pendidikan. Pendidikan lugu di masa kolonial hanya bisa didapatkan oleh warga koloni dan warga anak negeri dengan status unggul.

Pada dasarnya pendidikan gak hanya bisa diperoleh secara formal, siap juga melalui titisan, karakter dan kebiasaan berpikir. Jika kita melihat dari sejarahnya, diskriminasi pendidikan telah terjadi dari dulu sampai sekarang. Untuk itu para pendiri negeri ini banyak mengusahakan kemerdekaan melalui tuntunan dan juga kebiasaan berpikir. Kita tetap sudah tahu salah satu pahlawan Indonesia ialah, Ki Hajar Dewantara yang memperjuangkan petunjuk layak bagi kelompok pribumi tanpa memperlakukan status sosial. Sira mendirikan sekolah Taman Siswa tempat siapa pun untuk mengeloskan diri dari kebodohan melalui pendidikan.

Selain itu, tidak sama sekali tokoh laki-laki, mengenai tokoh wanita ialah RA Kartini sekaligus berjuang dalam melakukan perlawanan terhadap ketidakadilan terutama untuk pengasingan perempuan. Meskipun biasa sebagai tokoh emansipasi, namun padangan sira dalam pendidikan pun tercermin melalui perjuangannya dan pemikirannya. Itulah mengapa apa yang beliau lakukan pula berkontribusi dalam histori pendidikan di Indonesia. Bagi Kartini, perempuan punya peran krusial dalam pendidikan dimulai seorang ibu pada keluarga yang positif manusia untuk mencatat pendidikan yang pertama. Dari mereka seorang anak belajar sikap, merasa, dan berpikir.

Kita pun beriktikad pasti banyak tokoh lain pada masa sejarah kolonial, tiru andil dalam turnamen melalui pendidikan. Dengan perantara perjuangannya rakyat bumiputra bisa mendapat pesiaran yang tidak mereka tahu. Perjuangan para tokoh tersebut melahirkan tidak sedikit tokoh lain yang nantinya terinspirasi serta ikut berperan di memajukan pendidikan di dalam negeri serta membawa pemikiran-pemikiran kritis pada memperjuangkan kemerdekaan. Hingga hari ini perlagaan mereka terus dikenang sebagai pemantik di perjuangan yang tidak melalui senjata dalam, konfrontasi, namun perjuangan mengikuti diskriminasi dalam pendidikan saat itu.

Petunjuk pada dasarnya pendidikan yaitu hak setiap oknum. Siapa pun memerintah mendapat pengetahuan buat memajukan dan mempertahankan peradaban ke generasi selanjutnya. Indonesia dalam masa kolonial menyebrangi pendiskriminasian terutama di aspek pendidikan untuk warga pribumi. Namun, para tokoh pendiri menyadari bahwa tuntunan sangat penting bagi kemajuan berpikir satwa mereka berkontribusi di sejarah pendidikan pada Indonesia. Namun kita bisa melihat, perjuangan akan hal ini masih harus dikerjakan. rifqi fauzan sholeh pendidikan sekarang pun masih belum merata bagi seluruh warga negara yang berhak mendapatkannya.
Created30 Sep 2020
Web sitehttp://www.rifqifauzansholeh.com
Total credit0
Recent average credit0
DNA@Home credit0 total, 0.00 average (0 tasks)
SubsetSum@Home credit0 total, 0.00 average (0 tasks)
Wildlife@Home credit0 total, 0.00 average (0 tasks)
Cross-project statsBOINCstats.com
Free-DC
SETIBZH
CountryAustria
TypeNational
Members
Founder sahin40young
New members in last day0
Total members1 (view)
Active members0 (view)
Members with credit0 (view)