Team info
DescriptionBeasiswa Untuk Mahasiswa S1 - Kuliah di luar negeri itu sering diasosiasikan dengan biaya yang mahal. Nah, salah satu cara yang paling umum untuk menghindari biaya yang mahal tersebut adalah dengan mendapatkan beasiswa. Namun, karena jumlahnya terbatas, sementara peminatnya sangat banyak, mendapatkan beasiswa bukanlah perkara mudah.

Tak hanya sekedar membutuhkan nilai akademis yang bagus, kamu juga perlu bersaing dengan ribuan peminat beasiswa lain. Belum lagi masalah visa, tes yang harus diambil, dan lain sebagainya. Bagi kalian yang serius ingin memperoleh beasiswa untuk kuliah di luar negeri, berikut ini tips-tips yang perlu kamu ketahui.

Gali Informasi Sebanyak mungkin

Pertama-tama, carilah informasi sebanyak-banyaknya. Ada berbagai macam Beasiswa S1 yang dapat kamu pilih, mulai dari yang disediakan pemerintah, swasta, yayasan, lembaga internasional, kampus ternama, dan lain sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan minat dan kondisi kamu. Cari tahu juga mengenai persyaratan dan dokumen apa saja yang dibutuhkan.

Setelah itu, silakan cari tahu mengenai kampus yang kamu mau. Ada banyak universitas ternama yang dapat dipilih sebagai tujuanmu. Kamu juga perlu menggali informasi mengenai negara yang kamu tuju, misalnya apakah negara tersebut membutuhkan visa atau tidak, bahasa apa yang digunakan, biaya hidup di sana, seperti apa kebudayaan dan kebiasaannya, hingga cuacanya seperti apa.

Kumpulkan Prestasi dan Referensi

Agar kemungkinan kamu mendapatkan Beasiswa S1 semakin besar, kamu perlu mengumpulkan prestasi dan referensi di luar prestasi yang telah kamu peroleh di sekolah/kampusmu. Tentu, nilai akademis yang bagus menjadi syarat utama, tetapi apabila calon penerima beasiswa memiliki sederet prestasi lain di luar bidang akademis, hal itu akan menjadi nilai plus yang membedakannya dengan calon-calon lainnya. Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan aktif di komunitas atau kegiatan tertentu dan magang di perusahaan yang ternama.

Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Pindah keluar negeri bukan urusan yang sepele, pikiranmu akan dihantui rasa cemas dan ragu-ragu saat memikirkan hal tersebut. Kamu harus meninggalkan teman-teman dan keluargamu untuk waktu yang cukup lama dan berkenalan dengan kebudayaan, orang-orang, dan bahkan cuaca yang baru.

Baca Juga : Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Oleh karena itu, hal yang paling penting dalam mendapatkan beasiswa adalah mempersiapkan dirimu sebaik mungkin. Jaga semangatmu agar selalu membara, sehingga kamu akan selalu termotivasi untuk mewujudkan mimpimu dan tidak berhenti di tengah jalan. Dengan demikian, apapun tes yang harus kamu hadapi, rintangan seberat apapun akan dapat kamu lalui dengan mudah.

Latih Kemampuan Berbahasa Inggrismu

Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, mempelajarinya dengan baik sebelum kamu keluar negeri tentu akan bermanfaat bagimu. Apalagi jika negara tujuanmu merupakan negara yang menggunakan bahasa Inggris. Kamu pasti akan diwajibkan untuk lulus tes bahasa seperti IELTS, TOEFL, dan lainnya dengan skor tertentu terlebih dahulu sebelum dapat mengajukan visa atau bahkan beasiswamu.

Belum lagi tes wajib seperti GMAT, SAT, dan tes lainnya yang menggunakan bahasa Inggris. Ada banyak tempat kursus dan pelatihan bahasa Inggris yang dapat kamu pilih, namun agar kamu mendapat hasil yang maksimal, sebaiknya kamu memilih tempat yang metodenya sudah terbukti efektif, seperti misalnya Wall Street English.

Belajar Membuat Esai Yang Baik

Banyak universitas ternama di luar negeri yang mewajibkan para calon penerima beasiswanya untuk mengirimkan surat pengantar, esai, atau karya tulis sebagai prasyarat. Dari esai tersebut, kemampuan si calon penerima dalam hal narasi, analisa, dan berpikir abstrak akan dinilai. Hindari kesalahan-kesalahan yang terlihat sepele karena akan berpengaruh dalam penilaian dirimu.

Baca Juga : Cara Berhenti Donasi Unicef

Oleh karena itu, asahlah kemampuanmu dalam membuat esai dan menyusun kalimat sehingga kamu dapat menunjukkan kecerdasan intelektualmu melalui esai yang berbobot. Jika negara tujuanmu menggunakan bahasa Inggris, kamu dapat melihat tips berikut ini untuk menyusun cover letter yang baik.
Created13 Oct 2019
Web sitehttp://sols9.com/batheo/Forum/User-beasiswas1
Total credit0
Recent average credit0
DNA@Home credit0 total, 0.00 average (0 tasks)
SubsetSum@Home credit0 total, 0.00 average (0 tasks)
Wildlife@Home credit0 total, 0.00 average (0 tasks)
Cross-project statsFree-DC
SETIBZH
BOINCstats.com
CountryIndonesia
TypeNone
Members
Founder beasiswas1
New members in last day0
Total members1 (view)
Active members0 (view)
Members with credit0 (view)